Gadget merupakan alat elektronik yang ukurannya relatif kecil dan memiliki fungsi khusus dan juga praktis untuk digunakan. Gadget adalah salah satu bagian dari perkembangan teknologi terbaru masa kini yang dapat membantu aktivitas manusia menjadi mudah. Namun, dengan kemudahan tersebut terkadang juga dapat disalah gunakan. Seperti halnya sebagai ‘shut up games‘ atau permainan yang mendiamkan. Kenapa dikatakan begitu, sebab kebanyakan orang tua agar anaknya cepat diam ia langsung menyodorkan gadget agar anak tidak menangis lagi. Justru hal tersebut jika dilakukan terus menerus tidak baik untuk perkembangan anak lho bun. Dengan memberikan gadget seperti handphone kepada anak maka akan mengakibatkan ia kecanduan.

Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk membatasi anak dalam bermain HP. Adapun beberapa tips dalam mengatasi anak kecanduan gadget, dilansir dari CNNIndonesia sebagai berikut :

  1. Batasi waktu menggunakan gadget

Memberikan gadget kepada anak boleh-boleh saja asalkan jangan membiarkan ia terus menerus menatap gadget hingga lupa waktu dan berdurasi lama. Anak usia 2 tahun disarankan hanya boleh diberikan hiburan melalui gadget selama 1 jam. Sementara anak dibawah 6 tahun dapat diberikan waktu 2 jam untuk bermain gadget. Dalam memberikan waktu tersebut sebaiknya jangan diberikan selama 1 atau 2 jam secara full. Akan tetapi bagi waktu dan berikan jeda dalam 1 atau 2 jam dalam sehari. Selalu pantau saat anak menggunakan gadget.

  1. Gunakan jarum jam

Memberikan pemahaman kepadda anak mengenai jarum jam atau waktu adalah yang yang sangat penting dilakukan agar anak mengetahui aturan dan kedisiplinan. Saat anak bermain gadget, berikan ia aturan dan batasan penggunaan gadget atau berikan ia jadwal kapan ia melakukan aktivitas lain dan kapan ia bermain gadget. Misalnya, bunda membuat aturan bahwa anak dapat bermain gadget 20 menit, maka dari itu, tunjukkan sampai mana arah jarum jam ia harus berhenti bermain gadget. Sehingga anak tahu dan dapat memaksimalkan waktu yang telah bunda sediakan.

  1. Jangan beri akses penuh

Saat anak ingin bermain gadget, terkadang kebanyakan orang tua merasa terganggu jika gadget yang dimiliki harus dibuat mainan oleh anaknya. Dengan begitu terkadang anak akan dibelikan gadget pribadi agar tidak mengganggu aktivitas orang tuanya. Namun, hal tersebut justru malah membuat anak bebas akan bermain gadget sesukanya, sebab ia merasa bahwa itu adalah miliknya. Agar anak tidak kecanduan gadget, sebaiknya bunda dan ayah jangan memberikan akses penuh kepada anak agar ia memiliki batas waktu dalam bermain gadget. Selain itu, bunda juga dapat mengajarkan anak untuk meminta izin jika ia ingin bermain gadget.

  1. Jadilah kreatif

Jika anak sudah kecanduan gadget, maka orang tua harus memiliki ide kreatif untuk mengalihkan perhatiannya kepada gadget. Seperti contohnya bunda dapat mengajak anak untuk bermain permainan yang sederhana namun juga dapat bermanfaat bagi stimulasi pertumbuhannya. Contohnya ajak anak untuk bermain puzzle, bernyanyi, membaca buku, mengajak jalan-jalan keluar rumah dan lain sebagainya.

  1. Beri contoh

Selain menerapkan beberapa cara diatas, hal yang sangat penting adalah dengan memberikan contoh kepada anak. Sebab, jika anak dilarang tetapi orang tua malah bermain gadget tanpa mengenal waktu, hal tersebut menjadi percuma. Dengan begitu bunda dan ayah dapat memberikan contoh yang baik pada anak. Seperti contohnya saat bunda atau ayah tidak suka melihat anak makan dengan melihat gadget, maka lakukan hal yang sama agar anak dapat mencontoh hal tersebut dengan baik.

Nah itulah beberapa cara dalam mengatasi anak yang sudah kecanduan gadget. Semoga membantu!